Cakrawala Baru, Sosial, Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Seni Budaya, Pemberdayaan Masyarakat dan Informasi.

Selasa, 26 Februari 2013

KEGIATAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS TH. 2012

Pelaksanaan Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Pengurus LMDH Manggala Dharma desa Balapulang Kln Kec. Balapulang Kab. Tegal telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 25 Februari 2013 bertempat di Sekretariat LMDH Jl. Kakatua No. 224 Balapulang Kln - Balapulang - Tegal.


Acara tersebut dihadiri tamu undangan antara lain : KSS PHBM & BINLING KPH Balapulang Bp. Catur Priyono, Asper / KBKPH Margasari di wakili oleh KRPH Kalibanteng Bp. Mahmudiono dan Mandor Bp. Urip, Kepala Desa Bp. Atjep Fidias serta Tenaga Pemdamping Masyarakat (TPM) Bp. Sugeng Priono.


Dalam sambutan acara tersebut KSS PHBM & BINLING KPH Balapulang mengucapkan terimakasih dan merasa bangga atas terlaksananya acara pertanggungjawaban pengurus LMDH kepada anggota.
"Saya merasa bangga dan berterimakasih terhadap Pengurus LMDH Manggala Dharma yang telah mampu mempertanggungjawabkan kegiatan dan pendanaannya kepada anggota, karena baru pertama kalinya saya menyaksikan LMDH melaksanakan acara seperti ini sementara LMDH yang lain belum ada jadi LMDH Manggala Dharma adalah LMDH yang pertama yang bisa melaksanakan acara Laporan Pertanggungjawaban kepada anggotanya, semoga bisa menjadi contoh yang baik untuk LMDH yang lain di wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes" Tutur KSS PHBM & BINLING KPH Balapulang Bp. Catur Priyono.
Bp. Catur Priyono

Sementara dalam sambutan Kepala Desa Balapulang Kln berupa himbawan.
"Saya berharap dan menghimbaw bahwa keberadaan LMDH di desa Balapulang Kln harus selalu eksis dan dapat di andalkan serta dibanggakan oleh Perum Perhutani KPH Balapulang maupun bagi masyarakat desa Balapulang Kln, yang berikutnya saya memberi masukan untuk pengurus bahwa bila akan melaksanakan acara Laporan Pertanggungjawaban Pengurus mengundang lebih banyak lagi anggota masyarakat yang lain supaya mereka tahu keberadaan LMDH Manggala Dharma dan kemajuan kegiatannya sehingga akan lebih banyak lagi yang bangga sebagai masyarakat walaupun tidak terlibat langsung didalam lembaga" tutur Kepala Desa Balapulang Kln.
Bp. Atjep Fidias

Dalam sambutan Ketua LMDH Bp. M. Zaeni menyampaikan sekaligus Laporan Pertanggungjawaban Pengurus :
"Kegiatan lembaga untuk periode tahun 2012 - 2013 dititik beratkan pada bidang usaha produktif dan sekarang kita sudah memiliki 8 usaha produktif antara lain :

  1. Koperasi Mitra manggala yang diketuai Bp. Sugeng Priono yang rencananya akan melaksanakan RAT bulan depan (Maret 2013) tanggalnya belum ditetapkan.
  2. Budidaya Ternak Kambing yang dikelola oleh Bp. Marto.
  3. Home Industry Kue Basah dan Kering yang dikelola oleh Mba Erniyati.
  4. Warnet yang dikelola oleh Ibu Siti Jumaroh.
  5. Home Industry Aneka Keripik dan Rempeyek yang dikelola oleh Mba Nursilah.
  6. Penjualan Pulsa HP & Pulsa Listrik yang dikelola oleh Bp. Sugeng P.
  7. Warung Kelontong yang dikelola oleh Mba Susanti.
  8. Nasi Gudeg Khas Jogja yang dikelola oleh Mba Nurul Aini.
Perlu diketahui bersama bahwa semua usaha produktif tergabung kedalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) LMDH yang dikelola administrasinya oleh Sekretaris II yaitu Bp. Sugeng Priono selaku penanggungjawab KUB LMDH kecuali pengelolaan Koperasi karena memiliki aturan main sendiri sesuai UU Perkoperasian No. 17 tahun 2012.

Bp. M. Zaeni

Sementara setelah acara selesai Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) PHBM KPH Balapulang menuturkan bahwa "Pendampingan yang saya lakukan khususnya di LMDH Manggala Dharma dititik beratkan pada bidang Usaha Produktif, apa lagi Manggala Dharma ini masuk dalam Binaan KPH Balapulang sebagai LMDH Unggulan dari predikat LMDH Madya menuju LMDH Mandiri yang sebelumnya nomor 9 sekarang menjadi nomor 2 setelah LMDH Wana Bumi Tirta Makmur desa Banjaranyar Kec. Balapulang Kab. Tegal selaku nomor 1. Dan tidak menutup kemungkinan Manggala Dharma bisa menggeser posisi LMDH desa Banjaranyar dalam Monev oleh Tim KPH maupun Tim Unit I Jawa Tengah dikemudian hari bila kegiatan lembaganya lebih maju dan bisa mensejahterakan lebih banyak masyarakat." jelas Sugeng Priono, A.Md.

Bp. Sugeng Priono, A.Md


Foto bersama Perum Perhutani, Kepala Desa Balapulang Kln, 
Pengurus LMDH, Pamswakarsa, KUB LMDH dan anggota LMDH.

(Red/SG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar