Cakrawala Baru, Sosial, Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Seni Budaya, Pemberdayaan Masyarakat dan Informasi.

Selasa, 26 Februari 2013

KEGIATAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS TH. 2012

Pelaksanaan Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Pengurus LMDH Manggala Dharma desa Balapulang Kln Kec. Balapulang Kab. Tegal telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 25 Februari 2013 bertempat di Sekretariat LMDH Jl. Kakatua No. 224 Balapulang Kln - Balapulang - Tegal.


Acara tersebut dihadiri tamu undangan antara lain : KSS PHBM & BINLING KPH Balapulang Bp. Catur Priyono, Asper / KBKPH Margasari di wakili oleh KRPH Kalibanteng Bp. Mahmudiono dan Mandor Bp. Urip, Kepala Desa Bp. Atjep Fidias serta Tenaga Pemdamping Masyarakat (TPM) Bp. Sugeng Priono.


Dalam sambutan acara tersebut KSS PHBM & BINLING KPH Balapulang mengucapkan terimakasih dan merasa bangga atas terlaksananya acara pertanggungjawaban pengurus LMDH kepada anggota.
"Saya merasa bangga dan berterimakasih terhadap Pengurus LMDH Manggala Dharma yang telah mampu mempertanggungjawabkan kegiatan dan pendanaannya kepada anggota, karena baru pertama kalinya saya menyaksikan LMDH melaksanakan acara seperti ini sementara LMDH yang lain belum ada jadi LMDH Manggala Dharma adalah LMDH yang pertama yang bisa melaksanakan acara Laporan Pertanggungjawaban kepada anggotanya, semoga bisa menjadi contoh yang baik untuk LMDH yang lain di wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes" Tutur KSS PHBM & BINLING KPH Balapulang Bp. Catur Priyono.
Bp. Catur Priyono

Sementara dalam sambutan Kepala Desa Balapulang Kln berupa himbawan.
"Saya berharap dan menghimbaw bahwa keberadaan LMDH di desa Balapulang Kln harus selalu eksis dan dapat di andalkan serta dibanggakan oleh Perum Perhutani KPH Balapulang maupun bagi masyarakat desa Balapulang Kln, yang berikutnya saya memberi masukan untuk pengurus bahwa bila akan melaksanakan acara Laporan Pertanggungjawaban Pengurus mengundang lebih banyak lagi anggota masyarakat yang lain supaya mereka tahu keberadaan LMDH Manggala Dharma dan kemajuan kegiatannya sehingga akan lebih banyak lagi yang bangga sebagai masyarakat walaupun tidak terlibat langsung didalam lembaga" tutur Kepala Desa Balapulang Kln.
Bp. Atjep Fidias

Dalam sambutan Ketua LMDH Bp. M. Zaeni menyampaikan sekaligus Laporan Pertanggungjawaban Pengurus :
"Kegiatan lembaga untuk periode tahun 2012 - 2013 dititik beratkan pada bidang usaha produktif dan sekarang kita sudah memiliki 8 usaha produktif antara lain :

  1. Koperasi Mitra manggala yang diketuai Bp. Sugeng Priono yang rencananya akan melaksanakan RAT bulan depan (Maret 2013) tanggalnya belum ditetapkan.
  2. Budidaya Ternak Kambing yang dikelola oleh Bp. Marto.
  3. Home Industry Kue Basah dan Kering yang dikelola oleh Mba Erniyati.
  4. Warnet yang dikelola oleh Ibu Siti Jumaroh.
  5. Home Industry Aneka Keripik dan Rempeyek yang dikelola oleh Mba Nursilah.
  6. Penjualan Pulsa HP & Pulsa Listrik yang dikelola oleh Bp. Sugeng P.
  7. Warung Kelontong yang dikelola oleh Mba Susanti.
  8. Nasi Gudeg Khas Jogja yang dikelola oleh Mba Nurul Aini.
Perlu diketahui bersama bahwa semua usaha produktif tergabung kedalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) LMDH yang dikelola administrasinya oleh Sekretaris II yaitu Bp. Sugeng Priono selaku penanggungjawab KUB LMDH kecuali pengelolaan Koperasi karena memiliki aturan main sendiri sesuai UU Perkoperasian No. 17 tahun 2012.

Bp. M. Zaeni

Sementara setelah acara selesai Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) PHBM KPH Balapulang menuturkan bahwa "Pendampingan yang saya lakukan khususnya di LMDH Manggala Dharma dititik beratkan pada bidang Usaha Produktif, apa lagi Manggala Dharma ini masuk dalam Binaan KPH Balapulang sebagai LMDH Unggulan dari predikat LMDH Madya menuju LMDH Mandiri yang sebelumnya nomor 9 sekarang menjadi nomor 2 setelah LMDH Wana Bumi Tirta Makmur desa Banjaranyar Kec. Balapulang Kab. Tegal selaku nomor 1. Dan tidak menutup kemungkinan Manggala Dharma bisa menggeser posisi LMDH desa Banjaranyar dalam Monev oleh Tim KPH maupun Tim Unit I Jawa Tengah dikemudian hari bila kegiatan lembaganya lebih maju dan bisa mensejahterakan lebih banyak masyarakat." jelas Sugeng Priono, A.Md.

Bp. Sugeng Priono, A.Md


Foto bersama Perum Perhutani, Kepala Desa Balapulang Kln, 
Pengurus LMDH, Pamswakarsa, KUB LMDH dan anggota LMDH.

(Red/SG)

Jumat, 22 Februari 2013

BERITA

KUNJUNGAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
DI BATU MIRAH - BUMIJAWA - TEGAL

Dari Stasiun Tegal kendaraan Kepresidenan langsung bertolak ke OW. Guci



Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan Istana tiba di stasiun kota Tegal dengan menggunakan Kereta Api Kepresidenan pada hari Rabu (20/02/2013) pukul 19.24 WIB langsung menuju Obyek Wisata Guci Kec. Bumi Jawa Kab. Tegal. Menurut keterangan Protokol istana Presiden, SBY melakukan kunjungan kerja di Tegal dengan agenda meninjau Pertanian dan Peternakan di Kab. Tegal. SBY menginap di Obyek Wisata Guci dan kembali ke Jakarta pada hari Jum'at (22/02/2013) pkl. 14.30 WIB.


Pada hari Kamis (21/02/2013) Presiden SBY didampingi Ibu Negara Any Yudhoyono meninjau Pertanian, bertemu dan berdialog langsung dengan para pedagang sayur di desa Batu Mirah Kec. Bumi Jawa Kab. Tegal dan meninjau Peternakan Sapi di desa Kedaung Kec. Bojong Kab. Tegal, para peternak sapi yang tergabung dalam KTTS (Kelompok Tani Ternak Sapi) Sido Makmur yang terdiri dari 4 kelompok menyambut kedatangan Presiden SBY dengan antusias. Suwitho salah seorang pengelola ternak sapi mengatakan “Dengan datangnya SBY ke lokasi ternak tentunya kami sangat bangga karena berkat pak SBY melalui program pemerintah bantuan sapi yang kami terima sebanyak 35 ekor pada Tahun 2010 hingga saat ini 2013 menjadi 80 Ekor sapi”. Jelas suwito.


Presiden SBY bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar kawasan tersebut dan berkunjung ziarah dengan medan yang terjal berjalan kaki melewati rute mendaki 1000 anak tangga sejauh 850 m bukit Cupu dengan ketinggian 1.500 mdpl ke makam Habib Abdurrahman di dusun Krajan desa Batu Mirah Kec. Bumijawa Kab. Tegal (lereng Gunung Slamet). sekitar 100 Ustadz mendoakan SBY dan mereka (Ustadz) diminta berdoa untuk keselamatan negara RI.

Masyarakat yang mendapat bantuan diantaranya : Kelompok Tani Sikrama sebesar Rp. 100 juta, 3 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rp. 100 juta, Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung Rp. 150 juta, bantuan pengembangan kawasan Bawang Rp. 1,1 miliar, 3 kelompok Budidaya Ternak Rp. 3,1 miliar dan bantuan alat pertanian lainnya.

Selain didampingi Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Bupati Tegal Herry Soelistiyawan, Presiden juga didampingi oleh sejumlah menteri, antara lain Mendikbud Muhammad Nuh, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Mendag Gita Wirjawan, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hassan, Menteri Kehutanan Zulkifli Hassan, Menteri Pertanian Suswono, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo, Seskab Dipo Alam, dan Mensesneg Sudi Silalahi.

Presiden SBY beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke kebun teh, PTPN IX Kab. Pemalang dialog dengan petani Teh di Moga dan bermalam di Hotel Regina Pemalang.

(Dari berbagai sumber).
(Red/SG)

Selasa, 19 Februari 2013

PAMSWAKARSA

Siap menghalau gangguan keamanan hutan di lingkungan sekitar desa hutan sesuai wilayah administratif desa Balapulang Kulon Kec. Balapulang Kab. Tegal, membantu tugas Perum Perhutani KPH Balapulang.

11 PERSONIL

1.   Suprapto

2.   Edi Pramono

3.   Rahadi

4.   Taryono

5.   Untung Fauzi

6.   Soechaemi

7.   Bambang Sugiyanto

8.   Iriyanto

9.   Daniel Wahyu S

10. H. Isbandi AF

11. Moch. Tasori

PERALATAN PATROLI :

Sepatu Boot

Jas Hujan

Lampu Senter

Tongkat Hansip

Golok

Sabit Rumput


MEMORIALS

Mengenang 2 tahun Jati Noegroho alm.
Selalu dalam kenangan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) MANGGALA DHARMA.
Semoga diterima disisi Allah SWT dan diampuni dosa - dosanya serta dilipatgandakan amal ibadahnya.
Amiiin ya Robbalallamin.
Ketua Pertama Alm. Bp. Jati Noegroho dan KSS PHBM KPH Balapulang Alm. Bp. Abu Alyasak

Ketua Pertama Alm. Bp. Jati Noegroho memimpin Rapat LMDH

Ketua Pertama Alm. Bp. Jati Noegroho memimpin acara Pembinaan Anggota / Pesanggem



PATROLI KEAMANAN HUTAN

Sebagai Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) peduli terhadap lingkungan hutan (sebagai mitra Perhutani) dan lingkungan masyarakat desa Balapulang Kulon Kec. Balapulang Kab. Tegal, maka kami sebagai mitra dan lembaga masyarakat ikut bertanggungjawab akan keamanan hutan di lingkungan administratif desa Balapulang Kulon sebagai bentuk kewajiban, dengan membentuk Tim Pamswakarsa LMDH yang berjumlah 10 Personil dengan kegiatannya berpatroli bersama pihak Perhutani wilayah KRPH Kaligimber BKPH Margasari KPH Balapulang, yang bersifat membantu minimal setiap minggu sekali dan insidentil bilamana ada kejadian, namun dititik beratkan terhadap kegiatan pencegahan bukan tindakan langsung.

Pembangunan Pos Pamswakarsa

Memasang Plang Slogan LMDH

Memasang Plang Slogan LMDH

Pengamanan kayu bencana alam

Foto bersama personil Pamswakarsa dan Pengurus

Ketua LMDH sedang patroli batas petak pangkuan

Pamswakarsa dibatas petak pangkuan

Pamswakarsa dibatas petak pangkuan

Pamswakarsa dan Pengurus dibatas petak pangkuan

Petak 79b luas 5Ha tahun tanam 2011 jarak tanam 3 x 3 sistem Tumpangsari




Kegiatan Pamswakarsa dan Pengurus LMDH preventif malam 1 bulan 4 kali.





Selain jalan kaki preventif malam juga menggunakan sepeda motor.



video

(Red/SG)